Inilah Efek Samping Green Coffee Jika Di Konsumsi Setiap Hari

, , Comments Off on Inilah Efek Samping Green Coffee Jika Di Konsumsi Setiap Hari

Inilah Efek Samping Green Coffee Jika Di Konsumsi Setiap Hari

Magrenar.com – Hingga saat ini, efek samping green coffee belum diketahui karena belum ada penelitian yang  lebih luas. Green coffee mungkin anan jika diminum dengan dosis yang tepat.

Green coffee mengandung kafein, mirip dengan kopi biasa. Karena itu, kopi hijau dapat menyebabkan efek samping terkait kafein mirip dengan kopi pada umumnya yaitu yang dapat menimbulkan efek sakit perut, lebih sering kencing, meningkatkan detak jantung, gelisah, hingga sulit tidur. Selain itu, konsumsi kafein dalam dosis besar juga dapat menyebabkan sakit kepala, telinga berdenging, gugup gelisah, tegang, serta detak jantung yang tidak teratur.

Jadi, apabila anda sedang dalam beberapa kondisi seperti ibu hamil dan menyusui, kadar homosistein dalam darah yang tinggi dan anda mengkonsumsi dosis tinggi asam klorogenat untuk jangka waktu pendek  dapat menyebabkan peningkatan kadar homosistein plasma yang mungkin berhubungan dengan kondisi seperti penyakit jantung. Disarankan juga bagi anda  penderita penyakit  jantung, kelainan perdarahan, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, osteoporosis, dan penderita gangguan pencernaan (irritable bowel syndrome)  sebaiknya menghindari untuk mengkonsumsi kopi hijau ini.

Penderita diabetes harus berhati-hati saat mengonsumsi green coffee, karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein yang terkandung dalam kopi hijau mungkin akan mengubah cara orang memproses gula pada tubuh.

Selain hal itu, efek samping pengonsumsian green coffee atau kopi hijau antara lain:

Diare
Sama seperti pada umumnya kopi, Green Coffee mengandung kafein.  Kafein yang terkandung dalam kopi, terutama saat dikonsumsi dalam jumlah besar dapat memperburuk diare.

Glaukoma
Kafein  yang terkandung dalam Green Coffee dapat meningkatkan tekanan dalam mata. Peningkatan ini dimulai dalam waktu 30 menit dan berlangsung selama setidaknya 90 menit.

Tekanan Darah Tinggi
Kafein yang terkandung  dalam Green Coffee dapat meningkatkan tekanan darah pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Tetapi, efek ini mungkin kurang pada orang yang mengkonsumsi kafein dari kopi atau sumber lainnya secara teratur.

Kolesterol Tinggi
Komponen tertentu dari kopi tanpa filter terbukti dapat meningkatkan kadar kolesterol. Tetapi , belum  jelas apakah Green Coffee juga dapat menyebabkan kadar kolesterol meningkat.

Irritable bowel syndrome (IBS)
Selain mungkin dapat memperburuk diare, kandungan kafein pada green coffee dapat memperburuk gejala IBS.

Penipisan tulang (osteoporosis)
Kafein yang ada Green Coffee dan sumber lain dapat meningkatkan jumlah kalsium yang memerah keluar dalam urin. Hal tersebut melemahkan tulang. Apabila  anda memiliki osteoporosis batasi pengkonsumsian  kafein kurang dari 300 mg per hari (sekitar 2-3 cangkir kopi biasa).

Seperti banyak suplemen lainnya, Green Coffee dalam bentuk suplemen dipasarkan sebagai solusi alami untuk menurunkan berat badan. Istilah “alami” memang umum di industri suplemen, namun tidak berarti produk tersebut aman.  Tidak ada definisi hiukum alami, banyak juga tanaman yang tumbuh di alam dapat mematikan.

Jadi, jika kalian memiliki keinginan untuk mencoba Green Coffee untuk membantu menurunkan berat badan kalian, maka periksa dahulu perusahaan yang menyediakan produk tersebut dan pastikan produk mereka telah  mendapat persetujuan dari badan kesehatan resmi  dengan dasar bukti penelitian ilmiah yang memadai. Penurunan berat badan tanpa mengubah pola makan atau tanpa berolahraga, hal tersebut  perlu diwaspadai. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu sebelum anda mengkonsumsi green coffee dalam bentuk suplemen tersebut.

Baca Juga: